Macam - Macam Jenis Printer dan Tip


Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan teks ataupun gambar di atas kertas. dan media yang digunakan untuk menulis atau mencetak pada kertas bisa berupa tinta, tinta bubuk (Toner) dan Pita.Printer sekarang sangat diperlukan baik bagi kalangan pelajar maupun pekerja untuk menyelesaikan tugas yang berupa makalah atau proposal usaha. oleh sebab itu Alaba Komputer akan membagikan informasi tentang Macam - Macam Jenis Printer yang sekarang  beredar dipasaran. mulai dari Dot Matrix, Inkjet, LaserJet (Color & Mono), All In One, Point Of sales (POS). berikut ini:

Pertama Printer Inkjet



Printer yang menggunakan media tinta untuk mencetak hasil data pada kertas, dan biasanya terdapat empat atau enam warna pada cartridge.dan anda bisa mendapatkan printer jenis ini hanya dengan 400 ribu rupiah.contoh HP DJ1010 dengan koneksi USB Kabel. untuk mereknya sendiri dari jenis ini ada HP, Canon, EPSON.

Kedua Printer LaserJet Color dan Mono (hanya Warna Hitam)

 
Printer yang menggunakan media tinta bubuk seperti yang digunakan mesin fotocopy. yang dimana printer ini memiliki kecepatan lebih baik dari printer jenis lainnya. dalam mencetak bisa menghasilkan 6.000 lembar atau lebih. untuk harga printer ini bisa mulai dari satu juta rupiah. Contoh: LaserJet Pro P1102 dengan konek USB Kabel. untuk mereknya sendiri dari jenis ini ada Canon, HP, EPSON, Brother, Fuji Xerox, Samsung, OKI, RICOH.

Ketiga Printer Dot Matrix


 
Printer yang menggunakan media jarum dan pita untuk menghasilkan teks maupun gambar pada kertas. yang biasa digunakan oleh perkantoran, seperti koperasi, bank atau mencetak PPOB karena printer Dot Matrix ini lebih cenderung kepada cetakan yang berbentuk teks bukan gambar. untuk printer jenis ini anda bisa mendapatkan dengan harga sekitar 2 juta-an atau lebih. Contoh Epson LX-300+II dengan Koneksi kabel LPT atau USB. untuk mereknya sendiri dari jenis ini ada Tally Genicom, Tally Dascom, EPSON, OKI, Fujitsu.

Keempat Printer Point Of sales (POS)




Printer ini medianya sama dengan printer jenis Dot Matrix, cuma bentuknya lebih kecil. karena printer Point of Sales (POS) ini biasa digunakan oleh Toko dan Swalayan. untuk harga printer jenis ini anda bisa mendapatkan dengan kisaran 2 jutaan atau lebih.dengan koneksi USB, Bluetooth atau Ethernet (Kabel LAN).


Untuk penghubung printer dewasa ini bisa melalui FireWire, PictBridge, Bluetooth dan Wireless.
Sedangkan untuk ukuran kertas yang umum ditemui adalah A4 sampai A3. berikut ini macam ukuran kertas printer:   Ledger, A3+, Super B, A3, Tabloid, B4, Legal, Folio, Government Legal, Letter, A4, Executive, B5, C6, C5, A5, Half Letter, Statement, B6, A6, B7, Custom. untuk resolusi printer yang ada sekarang adalah 9600 x 2400, 5760 x 1440, 4800 x 1200, 1200 x 1200, 1200 x 600, 600 x 600.

 Penting: Saran saya setiap anda menggunakan printer jenis apapun itu, sediakanlah waktu untuk membaca buku manual printer agar anda mengerti cara kerja dan merawat printer tersebut supaya membantu printer menjadi tahan lama karena printer yang ada dipasaran sekarang cepat rusak dikarnakan banyak pengguna mengabaikan cara memakai dan merawat printer yang mereka miliki.

Sekian Postingan dari Alaba Komputer yang menjelaskan tentang Macam - Macam Jenis Printer. Semoga bermanfaat bagi Anda.


Gambar diambil dari Tokopedia.com



 

2 Responses to "Macam - Macam Jenis Printer dan Tip"