Cara Mengatasi Masalah Cooling Fan 902 ENTER - Shutdown

Laptop adalah perangkat elektronik seperti komputer yang sifatnya mobile atau yang bisa dibawa ke mana-mana yang ukurannya 11 sampai 18 inch dengan berat 1 hingga 6kg. fungsi dari laptop sendiri adalah sebagai pembantu mempercepat dan mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan manusia baik berupa huruf maupun angka dan juga gambar. Namun laptop sendiri bukan tanpa masalah karena barang elektronik apapun akan ditemui beberapa masalah yang dikarenakan salah penggunaan atau keteledoran pemilik. contohnya adalah masalah yang baru kemarin saya temui pada laptop milik customer / pelanggan servis saya yaitu The system BIOS has detected a possible Issue with the cooling. The Cooling....(dan seterusnya) atau seperti Gambar di bawah:


yang ternyata penyebabnya adalah Fan Laptop bermasalah karena kotoran (bisa berupa debu atau benda asing lain). Apabila permasalahan ini terjadi pada laptop anda ( baik itu merek HP atau Compaq). 

Berikut ini Cara Mengatasinya: 

Pertama Anda harus mempunyai keberanian dalam mengambil resiko karena ini soal bongkar-pasang laptop. kalau tidak berani saya sarankan bawa ke tempat sevis laptop untuk minta dibersihkan Fan atau kipas latopnya.

Kedua  Anda harus punya obeng buat membuka sekrup dalam hal ini saya memakai obeng multi (obeng yang isinya banyak dan bisa diganti-ganti dengan mudah) yang fungsinya untuk membongkar laptop dan kuas yang nantinya digunakan membersihkan Fan atau kipas laptop. (kalau tidak tahu caranya bukalah youtube)

ketiga setelah anda membersihkan kipas laptop, saatnya anda pasang kembali perangkat yang sudah anda copot lalu hidupkan kembali laptopnya Insya Allah permasalahan terselesaikan kalau memang masalah yang ada seperti yang disebutkan di atas .

Sekian Postingan dari Alaba Komputer semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Cara Mengatasi Masalah Cooling Fan 902 ENTER - Shutdown"

Post a Comment