Kamputer Anda Tidak Bisa Tampil ke Layar? Ini Solusinya...!


Sebagai orang yang terjun langsung dalam dunia servis komputer, saya sering mendapati komputer pasien atau client  yang mempunyai masalah tidak mau tampil ke layar. sebagai user atau pengguna umumnya tidak mengerti cara mengatasi masalah tersebut termasuk client saya. lalu apa cara yang biasa saya gunakan untuk memecahkan masalah tersebut?
simak baik-baik ya kawan Alaba.

Pertama Anda harus pastikan koneksi semua kabel terpasang dengan baik terutama kabel VGA dan perhatikan lampu indikator monitor apakah sudah hidup?
bila semua sudah dalam kondisi baik anda harus melanjutkan langkah berikutnya.

Kedua (komputer dalam keadaan mati) buka tutup samping casing komputer anda lalu copot kabel power Harddisk supaya tidak ada masalah yang tidak diinginkan. kemudian ambil memory atau RAM  dengan hati-hati.
- bersihkan kuningan pada RAM tersebut menggunakan stip / penghapus pencil. namun bila keadaan slot atau memorinya terlalu kotor lebih baik bersihkan dulu menggunakan kuas.
- ganti memori yang oke banget atau baru 
- rubah posisi dudukan memori / RAM
bila masalah tetap sama langkah yang diambil selanjutnya.  

Ketiga coba cek koneksi VGA komputer
- Mencopot lalu pasang kembali VGA Card (bila ada) namun bila tidak ada coba pasang VGA Card yang normal.
- Masuk pada BIOS lalu cek pengaturan VGAnya apakah sudah diset dengan tepat. 

Keempat ganti Power Supply dengan yang lebih normal atau baru karena ada kemungkinan PSU tersebut sudah lemah atau rusak. 

Kelima copot semua perangkat tambahan pada komputer seperti LAN Card, Sound Card, USB Card dll lalu termasuk batrei BIOS lalu clear jumper BIOS pada Mainboard anda. lalu biarkan selama 30 menit atau 1 jam. setelah selesai pasang kembali Batrai BIOS dan normalkan jumper bios (untuk yang Card" tadi jangan dipasang dulu) kemudian hidupkan komputer anda. bila komputer masih tetap tanpa adanya tampilan sama sekali.
berarti ada kemungkinan masalah pada Hardware vital komputer seperti mainboard ataupun Pricessor.

Setelah anda simak cara mengatasi masalah komputer tidak bisa tampil, izinkan saya undur diri. salam sukses kawan Alaba, semoga bermanfaat. 

0 Response to "Kamputer Anda Tidak Bisa Tampil ke Layar? Ini Solusinya...!"

Post a Comment